trans-regional benih patin

Aneh bin ajaib…….. Sebagian besar pembesaran patin  banyak dilakukan di daerah Sumatera (Palembang, Riau dan Medan) tetapi anehnya benih patin masih dihasilkan di daerah Jakarta, Bogor dan Sukabumi.  Relakah uang (yang cukup besar) hanya “dibuang” untuk “menyewa” ruangan sempit di perut pesawat……….???

Karena beberapa kali menerima tamu “pengusaha” patin dari luar Jawa ataupun berangkat ke luar Jawa untuk menyuntik patin, suatu saat pernah seorang teman bilang, “eh, ilmu nyuntiknya jangan dikeluarkan semua donk! kalo mereka pada bisa, ntar benih patinku nggak laku lagi”.  Yeeee…… emangnya aku dihidupi sama para bakul patin itu!!! Padahal aku pikir, biarkan saja para bakul itu mencari pasar di daerah lain sekalian untuk pengembangan daerah budidaya…….bagus kan!!!  Kalo saja usaha pembenihan patin (juga ikan lain yang suka dikirimkan benihnya) bisa dilakukan di dekat daerah pembesarannya, baik di Sumatera atau bahkan daerah lain di Jawa, sudah pasti usaha budidaya akan semakin efisien yang akhirnya dapat meningkatkan pendapatan pembudidayanya atau menurunkan harga jual ikan konsumsi sehingga jadi makin banyak orang yang mampu membelinya.

Ini hanya hitungan sederhana saja.  Bila benih patin ukuran 1″ seharga Rp 100/ekor, BEPnya mungkin sekitar Rp 70/ekor (atau kurang).  Biaya transportasi udara ke Palembang atau Riau mungkin sekitar Rp 10/ekor (atau mungkin lebih).  Margin uang yang “dibuang” para pembudidaya patin di luar Jawa sekitar Rp 40/ekor.  Anggap saja kebutuhan benih untuk luar Riau dan sekitarnya sebanyak 2.000.000 ekor/bulan (yang punya data para bakul nih!!), total uang yang masuk ke perut pesawat sebanyak Rp 80.000.000 per bulan atau Rp 960.000.000 per tahun……………(coba duitnya dikasih aku aja ya!!!).

Dengan angka perkiraan sebesar itu, lantas kenapa tidak mendirikan hatchery patin di Palembang, Riau, Medan, Banjarmasin, Pontianak atau bahkan di Banjarnegara (yang juga suka ngambil benih dari Bogor…..).  Saat ini, transfer teknologi pembenihan patin sangat mudah dilakukan tapi seringnya kurang tepat.  Orang yang berminat bikin hatchery patin biasanya berlatih pemijahan dengan datang ke Bogor atau Sukabumi.   Cara ini sebenarnya kurang tepat karena mereka belajar di tempat yang sudah memiliki peralatan lengkap dengan kondisi lingkungan yang sudah sesuai padahal mereka mau membuka di daerah yang baru (ini beneran berdasarkan pengalaman melatih orang2 dari luar Jawa, lho!!).  Transfer teknologi yang benar adalah dengan mendatangkan ahli pemijahan ikan ke lokasi yang memang dibuat hathery, minta dibikinkan desain yang cocok plus diminta untuk melatih tenaga yang mau mengoperasikannya……(ini sekalian promosi, he69x!!!! tapi juga berdasarkan pengalaman cara ini lebih adopted!).  Ongkos yang mau dipake buat mengirim orang ke Jawa bisa dipake untuk membayar ahli yang mesti didatangkan, tinggal tambah dikit2, tapi bisa melatih teknisi dalam jumlah yang lebih banyak dan akan ketahuan kesulitan yang mungkin timbul di lokasi yang bersangkutan……..pas kan!!!!

Jadi, bagi para pengusaha luar Jawa yang mau menambah keuntungan, cukup kontak saya untuk datang di tempat Anda……………

2 Responses to “trans-regional benih patin”


  1. 1 Ujang Herani November 16, 2007 pukul 1:55 pm

    Saya salah seorang pengusaha pembesaran ikan patin dibandung, kalau saya mendatangkan tenaga ahli seperti anda berapa biayanya dan berapa dana yang dibutuhkan untuk membuat hatchery ikan patin. saya sangat tertarik dengan pembenihan ikan patin, udah bosen dengan pembesaran.

  2. 2 tegal jaya patin Maret 7, 2010 pukul 9:38 pm

    tegal jaya patin adalah suplayer bibit patin 1 ìnchi maupun 2 inchi area jateng DIY.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




lanjutan blog ini/ further this blog!!!

sunarma.net2

RSS http://sunarma.net

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Konsultan Akuakultur

Perlu bantuan untuk: Pemijahan ikan, Pengembangan usaha perikanan, Pembangunan Balai Benih Ikan, Pengadaan sarana produksi perikanan; Atau perlu kerjasama penelitian dan lainnya seputar akuakultur; Hubungi kami : juraganindoor(at)yahoo(dot)co(dot)id

juraganindoor[at]yahoo.co.id

“Book for YOU!”

a

Komentar yang memerlukan jawaban akan dijawab melalui email secara personal, jadi komentar hendaknya disertai alamat email yang terdaftar.

sejak 23 Juni 2007

  • 112,127 pengunjung

datang dari:

site statistics

support me, please!

TopAquaticSites.com Indonesia To Blog -Top Site All Tropical Fish Topsites List

who will give me the book?

1-84265-369-5 eel eel biology