gurame: gurame center purbalingga

entahlah nama yang bener, apa gurame atau gurami center, yang jelas sudah dilaunching sama Gubernur Jawa Tengah, “sementara” gedungnya nebeng di BBI Kutasari. tapi yang jelas, lepas setahun ini belum ada kerjaan yang jelas mengenai gurame.

pada posisi saat ini, jelas saja aku nggak mau ikut terlibat secara kelembagaan, tapi secara program sudah pasti aku akan partisipasi.  secara kelembagaan, aku tahu diri untuk tidak masuk didalamnya karena bagaimanapun beberapa waktu ke depan aku harus jauh dari center sehingga aku nggak mau menjadi boomerang yang dapat menghambat program center.  secara program, sudah pasti aku partisipasi karena beberapa hal yang perlu dilakukan di center merupakan bidangku.

memang, gurame center kurang tepat bila hanya dikelola oleh tingkat kabupaten (meskipun tripartit dengan perguruan tinggi dan propinsi).  dengan kebutuhan kegiatan yang harus koordinasi dengan berbagai daerah lain (sumber gurame), mestinya gurame center ada di tingkat nasional. tapi, hingga saat ini, belum ada kebijakan nasional yang berpihak pada gurame untuk dikembangkan lebih maju.  Dirjen Perikanan Budidaya saat ini, memang telah berani memasukkan gurame sebagai salah satu komoditas yang harus dikembangkan, tapi nampaknya belum sampai pada tataran teknis.

aku sudah mengusulkan perlunya jaringan gurame (terutama genetik untuk perbaikan mutu induk) sejak ada pertemuan forum gurame tahun 2002 di Yogya, dan diulang pada forum gurame tahun 2005 dan tahun 2006 di Purwokerto, bahkan pada pertemuan INFIGRAD tahun 2006 di Puncak. tapi nampaknya belum ada respon dari pemegang kebijakan.  karena itulah, ketika wacana gurame center bergulir aku memberikan respon, meskipun hanya tingkat kabupaten. aku berharap, center ini dapat menjadi inisiator untuk keluarnya kebijakan yang menempatkan gurame pada ujung tombak nasional.  bagaimanapun, gurame adalah ikan asli Indonesia dan sudah dibudidayakan masyarakat untuk rentang waktu yang panjang.  sangat disayangkan kalo kemudian plasma nutfah ini harus dicuri dan dikembangkan oleh negara lain, dan lebih tragis lagi kalo kemudian kita mengekor………

jadi, bagaimanapun aku akan selalu siap untk partisipasi di gurame center dan selalu berharap para pemegang kebijakan diberi kesadaran……..

8 Responses to “gurame: gurame center purbalingga”


  1. 1 roffi Juli 25, 2007 pukul 11:22 am

    Setuju, mari kita dukung pengembangan gurame. Saya juga kedepan berencana ingin melakukan riset² pada ikan gurame. Boleh kita kontak² ya.

  2. 2 juraganindoor Juli 26, 2007 pukul 8:33 am

    tentu saja saya menyambut baik untuk untuk kita share info, termasuk untuk penelitian. salam buat pak Iskandar! mudah2an saya bisa ketemu beliau di seminar nasional perikanan di UGM.

    pokoknya HIDUP GURAME……

  3. 3 ardyant Januari 7, 2008 pukul 8:46 pm

    ayooo di kumpulkan, biar makin maju
    makin lama makin susah cari bibit, cari induk yang seep

  4. 4 mas Heru Januari 11, 2008 pukul 2:27 pm

    Salam kenal para pakar gurame yang terhormat.
    Saya Heru, mantan petani Gurame yang Bangkrut.
    salah satu penyebabnya adalah managemen perikanan yang jelek
    saya ingin bgabung untuk menimba ilmu mngenai “Tambang emas perikanan Darat = GURAME”

    hyuuu…

    terima kasih telah bergabung!
    dengan penuh semangat, mari kita membangun citra GURAME sebagai “Tambang Emas Perikanan Darat”!!!!

  5. 5 totok Februari 10, 2009 pukul 3:56 pm

    saya punya tanah sedikit didaerah kutasari, sekitar 3500m. sementara dipakai untuk sawah, yg saya anggap kurang produktif. 2th yad saya pensiun kemungkinan baru akan saya manfaatkan untuk perikanan. apa usaha ikan gurameh menguntungkan? trims infonya

  6. 6 Arman Juni 11, 2009 pukul 3:04 pm

    betul. selama ini belum banyak yang memperhatikan jenis gurami.
    kalau diperhatikanlebih baik. apakah tidaklebih menguntungkan

  7. 7 agus99 Agustus 26, 2009 pukul 9:56 pm

    langkah kongkritnya apa nih sodara2ku yg pingin memajukan petani ikan gurame?? masa cm sebatas smangat aj tanpa langkah?? aq gabung donk kl ada forum ikan gurame

  8. 8 Arman Januari 11, 2010 pukul 10:08 pm

    Kami pokdakan Argo Mino Arum. Dari Yogyakarta. Menawarkan benih ikan. Benih ikan yg kami tawarkan adalah benih gurami / gurameh, benih lele, benih bawal, benih graskap, dan benih nila. Kami melayani pengiriman antar pulau melalui cargo pesawat port to port.
    Harga bersaing.
    Jaminan kualitas tertandingi.
    Hub kami di : Argo Mino Arum.
    argominoarum@gmail.com.
    argominoarum.blogspot.com.
    Telp : 081328263803 (Arman) sms jg OK.


Tinggalkan Balasan

lanjutan blog ini/ further this blog!!!

sunarma.net2

RSS http://sunarma.net

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Konsultan Akuakultur

Perlu bantuan untuk: Pemijahan ikan, Pengembangan usaha perikanan, Pembangunan Balai Benih Ikan, Pengadaan sarana produksi perikanan; Atau perlu kerjasama penelitian dan lainnya seputar akuakultur; Hubungi kami : juraganindoor(at)yahoo(dot)co(dot)id

juraganindoor[at]yahoo.co.id

“Book for YOU!”

a

Komentar yang memerlukan jawaban akan dijawab melalui email secara personal, jadi komentar hendaknya disertai alamat email yang terdaftar.

sejak 23 Juni 2007

  • 112,127 pengunjung

datang dari:

site statistics

support me, please!

TopAquaticSites.com Indonesia To Blog -Top Site All Tropical Fish Topsites List

who will give me the book?

1-84265-369-5 eel eel biology