gurame: mengapa induced breeding

ada yang bilang, kalo gurame sudah bisa dipijahkan alami buat apa dipijahkan buatan……. memang sejak dulu (mungkin gurame ini adalah ikan yang pertama kali dibudidayakan oleh orang Indonesia) gurame dipijahkan secara alami dan setelah perjalanan waktu yang panjang sistem ini masih digunakan sampe sekarang.

tapi, cobalah kita “berkaca” pada ikan lele dumbo ataupun SANGKURIANG.  Lele dapat dipijahkan baik secara alami maupun buatan. Bagaimana produktifitasnya??? pemijahan secara alami, induk ikan lele dapat menghasilkan larva sekitar 20.000-30.000 ekor/kg induk betina sedangkan dengan pemijahan buatan larva yang dihasilkan dapat mencapai 40.000-60.000 ekor/kg induk (anggap saja tingkat penetasan telurnya, meskipun pada kenyataanya dengan pemijahan buatan biasanya relatif lebih tinggi).  perbedaan produksi ini karena pada pemijahan buatan, nyaris semua potensi telur yang ada dapat dipacu untuk dimatangkan dan dikeluarkan sedangkan pada pemijahan alami hal ini tidak terjadi.  selain itu, karena hampir semua potensi telur dapat keluar, proses recovery (pembentukan kembali telur) bisa terjadi lebih cepat.

dengan teknik tradisional yang saat ini diterapkan pada gurame, produktifitas menghasilkan larva relatif rendah.  manipulasi lingkungan untuk merangsang pemijahan induk secara terjadwal baik waktu pemijahan maupun induk yang memijah, relatif lebih sulit dilakukan.  karena itu, pemijahan buatan dengan memanfaatkan induksi hormonal lebih realistis dilakukan untuk mengontrol produksi benih pada gurame.  keuntungan lain, dengan pemijahan buatan, penerapan rekayasa teknologi akuakultur lainnya, misalnya hibridisasi, ginogenesis ataupun transgenik, dapat dilakukan.

Jadi, pertanyaan diawal tadi cukup mudah untuk dibalik menjadi: “kalo sudah bisa alami kenapa tidak dicoba dengan buatan”.

2 Responses to “gurame: mengapa induced breeding”


  1. 1 edi September 21, 2007 pukul 10:12 am

    Wah boleh juga tuh gimana caranya dengan buatan ?
    sy ingin belajar lebih byk ttg gurame nih.
    karena pasar nya juga bagus.

    salam

  2. 2 juraganindoor September 21, 2007 pukul 1:45 pm

    sejauh ini, induced-breeding pada gurame belum mencapai teknologi yang siap secara massal utk skala usaha alias baru sebatas penelitian. tapi bila ingin mencoba, dapat anda temukan caranya di (https://indoorcommunity.wordpress.com/2007/07/18/gurame-induced-breeding-2/)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




lanjutan blog ini/ further this blog!!!

sunarma.net2

RSS http://sunarma.net

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Konsultan Akuakultur

Perlu bantuan untuk: Pemijahan ikan, Pengembangan usaha perikanan, Pembangunan Balai Benih Ikan, Pengadaan sarana produksi perikanan; Atau perlu kerjasama penelitian dan lainnya seputar akuakultur; Hubungi kami : juraganindoor(at)yahoo(dot)co(dot)id

juraganindoor[at]yahoo.co.id

“Book for YOU!”

a

Komentar yang memerlukan jawaban akan dijawab melalui email secara personal, jadi komentar hendaknya disertai alamat email yang terdaftar.

sejak 23 Juni 2007

  • 112,127 pengunjung

datang dari:

site statistics

support me, please!

TopAquaticSites.com Indonesia To Blog -Top Site All Tropical Fish Topsites List

who will give me the book?

1-84265-369-5 eel eel biology