gurame: penetasan telur dan pemeliharaan benih

Kepadatan telur selama proses penetasan adalah 4-5 butir/cm2 dengan pemberian aerasi kecil. Telur menetas dalam selang waktu 24-48 jam tergantung suhu media penetasan. Sebaiknya suhu dipertahankan pada kisaran 29- 30 oC untuk meningkatkan derajat penetasan telur.  Larva biasanya dapat dipindahkan ke wadah yang lebih besar setelah berumur 7-9 hari untuk pemeliharaan selanjutnya.

Pemberian pakan dapat dimulai setelah larva dipindahkan. Pakan berupa cacing rambut (Tubifex sp.), Daphnia sp., Moina sp., atau pakan alami lainnya yang sesuai ukurannya. Benih gurame dapat dipelihara di akuarium, bak kayu yang dilapisi plastik, bak tembok atau ditebar langsung ke kolam pendederan. Pemeliharaan benih pada wadah terkontrol harus dilengkapi dengan aerasi untuk suplai oksigen dan terhindar dari kontak langsung dengan hujan. Pakan awal berupa cacing rambut, Daphnia sp., Moina sp., atau sumber protein hewani lainnya. Bahan-bahan nabati dapat mulai diberikan setelah larva berumur 36-40 hari. Sedangkan pakan buatan (pelet) dapat diberikan dengan menyesuaikan bukaan mulut ikan.Lama pemeliharaan dan benih yang dihasilkan antara lain: Benih berumur 40 hari dapat mencapai ukuran 1-2 cm (setara ukuran kuku). Benih berumur 80 hari dapat mencapai ukuran 2-4 cm (setara ukuran jempol). Benih berumur 120 hari dapat mencapai ukuran 4-6 cm (setara ukuran silet). Dan benih berumur 160 hari dapat mencapai ukuran 6-8 cm (setara ukuran korek di masyarakat).

About these ads

42 Responses to “gurame: penetasan telur dan pemeliharaan benih”


  1. 1 syamsul Agustus 11, 2007 pukul 9:28 am

    assalammualaikum.

    Perkenalkan nama saya syamsul berdomisili di jakarta. Ini adalah pertama kalinya saya browsing situs yang khusus membahas berbagai macam permsalahan mengenai gurame, bravo. Saat ini saya telah memulai budidaya gurame yaitu pendederan telur sampai berukuran kuku, saya memelihara gurame tersebut di kolam semen indoor yang mempergunakan genteng fiberglas sehingga caya matahari dapat masuk pada siang hari. Ada beberapa kendala yang saya hadapi yaitu:
    1. bagaimana tekniknya agar suhu air dalam kolam pada malam dan pagi hari tetap pada kisaran 28 – 30 c?

    • 2 tinov_jogja September 27, 2009 pukul 6:57 pm

      kalo menginginkan interval suhu siang dan malam tidak terlalu signifikan, silahkan menambahkan heater sama seperti dengan cara yg saya lakukan selama ini. Agar suhu kolam dapat lebih cepat meningkat silahkan akali pengatur suhu dg cara membongkar tutup pengatur suhu

  2. 3 syamsul Agustus 11, 2007 pukul 9:32 am

    assalammualaikum.

    Perkenalkan nama saya syamsul berdomisili di jakarta. Ini adalah pertama kalinya saya browsing situs yang khusus membahas berbagai macam permsalahan mengenai gurame, bravo. Saat ini saya telah memulai budidaya gurame yaitu pendederan telur sampai berukuran kuku, saya memelihara gurame tersebut di kolam semen indoor yang mempergunakan genteng fiberglas sehingga caya matahari dapat masuk pada siang hari. Ada beberapa kendala yang saya hadapi yaitu:
    1. bagaimana tekniknya agar suhu air dalam kolam pada malam dan pagi hari tetap pada kisaran 28 – 30 c?
    2. berapa harga pasaran sekarang untuk benih ukuran jempol dan kuku?
    saya tunggu jawaban kawan – kawan, bravo perikanan indonesia.

  3. 4 Achmad Agustus 13, 2007 pukul 4:02 pm

    Mas Syamsul mhn ma’af kalau gak nyambung, tapi saya senang dg upaya budi daya yg mas tekuni.
    mungkin mas syamsul punya info Budidaya air tawar lain sep. Lobster Air Tawar. Jika punya info tsb tlg bagi-bagi, sy ingin tau banyak ttg budidaya yg satu ini. trims

  4. 5 Achmad Agustus 13, 2007 pukul 4:06 pm

    mungkin temen-temen lain / moderator punya info tentang budidaya Lobster Air Tawar, saya tertarik untuk mengetahui lebih banyak. atau mungkin bisa tunjukan pusat info ttg budidaya tsb, trims.
    <>

  5. 6 juraganindoor Agustus 16, 2007 pukul 7:51 am

    Mohon maaf atas keterlambatan moderasi

    buat syamsul: dgn atap fiberglass yang tertutup fluktuasi temperatur biasanya dpt dijaga, namun sebaiknya dihindari penyinaran langsung pada bak utk menhindari kenaikan suhu yang drastis di siang hari
    harga jempol Rp 400-500 kuku Rp 200-300. biasanya bergantung pada stok dan daerah asal.

    buat achmad: seputar lobster air tawar akan saya tulis kemudian, meskipun secara pribadi saya masih ragu dgn pemasarannya.

  6. 7 Arif Februari 3, 2008 pukul 10:27 pm

    Sugeng ndalu kang.

    Sedurunge, Selamat ya… inyong seneng bisa nemu situse njenengan. Pokoke tek dukung programe rika khususe nggo pengembangan iwak grameh. website’e apiklah. moga-moga tambah profesional.

    Kang. Tulung, nek bisa penyakit khususe ng pembenihan grameh di ulas sisan ya kang. soale kebeneran Inyong wingi ngingu endog grameh, eee… ora kaya biasane. ngerti-ngerti umur 20 dina muter-muter terus mati. kiye kenang apa ya?… antisipasine kepriwe?. Tulung karo penyakit benih grameh sing liyane dibahas. Sukur-sukur karo teknik pasca panen/ transportasine…. e.. sapa ngerti benih wiji oyongku/d. kelor de pesen tekan pontianak, medan dll. ngurus dokumene kepriwe

    O, ya… siji maning kiye. tulung, penggunaan bakteri probiotik, & artemia di ulas sisan. tulung di jawab secepete nggih…

    Maturnuwun

  7. 10 juraganindoor Februari 4, 2008 pukul 8:47 pm

    tulisan ttg gurame dan hal lainnya akan dilanjutkan di http://sunarma.net, namun sementara ini lagi sibuk dulu, jadi mohon sabar.

    catatan tambahan:
    Mohon untuk menyempatkan kunjungi http://sunarma.net yang merupakan lanjutan http://indoorcommunity.wordpress.com, mungkin Anda bisa memberi sedikit komentar pada blog Saya tersebut dan mengklik GoogleAdsense yang tersedia (http://sunarma.net dibangun untuk memberi ruang yang lebih leluasa untuk saling berbagi. Bagaimanapun, bila Anda klik GoogleAdsense, baik sesuai keperluan Anda ataupun sekedar membantu klik, Anda tidak dikenakan biaya apapun, namun Saya akan mendapat komisi atas pemasangan iklan dari GoogleAdsense sebanding dengan jumlah klik yang dilakukan Anda).

  8. 11 rahmat Mei 20, 2008 pukul 12:16 pm

    yth pa juragan
    saya tinggal di daerah bogor barat, saya baru memulai usaha pembibitan gurame tapi terkendala mengenai penyediaan telur gurame. ada hal yang ingin saya tanyakan dan mohon bantuannya.
    1. dimana tempat penjualan telur gurame ? kalau ada alamatnya dan contact personnya?
    2. berapa harga telur perbutirnya? apa ada minimum pembelian?
    atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.

  9. 12 Arif Juni 2, 2008 pukul 9:01 pm

    BUAT PAK RAHMAT … KAMI, PETANI DARI PURWOKERTO-JAWA TENGAH BIASA MELAYANI PESANAN TELUR GURAMI UNTUK LOKAL DAN ANTAR PULAU. HARGA LUAR PULAU SAAT INI Rp 30 – 40, dan UNTUK BOGOR Rp 17+. Lebih Jelasnya SILAHKAN HUB KAMI di Sarang_Gurami@yahoo.com atau Sarang_Gurami@Gmail.com atau 081327010041/081327010042

    • 13 joko Maret 25, 2010 pukul 8:58 pm

      mas sering kirim Ke Blitar ,tulung agung atau surabaya? kalau tujuan kota tersebut harga berapa dan minimal pembelian ?
      matur nuwun atau bisa info ke 0818590293

  10. 14 sidi Juli 13, 2008 pukul 1:08 pm

    salam kenal,
    rekan2 yang membutuhkan benih gurame ukuran 1 inchi (UP) harga 200,-/ekor, silakan hubungi SidiTani 08121578871 atau email : siditani@yahoo.co.id. Kami melayani pengiriman antar kota/propinsi maupun antar pulau.
    terima kasih

  11. 15 Insan November 27, 2008 pukul 8:04 pm

    untuk Pak Rahmat:
    Untuk harga telur saat ini relatif (disesuaikan dengan jumlah, ongkos kirim, dsb). Kami peternak gurami di daerah Ciamis Jawa Barat, menyediakan ikan GURAMI SOANG dalam berbagai ukuran; telur/sarang, benih, ukuran konsumsi, maupun indukan. Stok banyak, harga bersaing, dan kualitas terjamin. Menerima pengiriman ke luar daerah/antar pulau.

    informasi, daftar harga, dan lainnya silahkan hubungi/sms 0856 97000 815 atau email easygoing_2088@yahoo.co.id

    terimakasih…

  12. 16 Siwa Maret 30, 2009 pukul 2:20 am

    Buat Bos Indoor…
    tolong dong kasih tahu bagaimana caranya memacu perkembangan gurame dari telur sampai ukuran 2cm dalam jangka waktu 21 hari…??
    selama ini saya bisa mencapai ukuran 2cm dalam jangka waktu 27 – 31 hari…
    obat yang saya gunakan MGO, Kapur Calcid, Sozo(FM2 “Serum Microbiotik” )….
    kira-kira obat apa lagi yang harus saya pakai…??

    Buat Pak Rahmat…
    kalau harga telur gurame selalu mengikuti perkembangan musim.
    kalau di tempat saya biasanya kisaran Rp.12 sampai Rp.35 per butir..
    sekarang di tempat saya (PURWOKERTO) harganya Rp.29. Mungkin sekitar 1-2 bulan bisa turun sampai kisaran Rp.25 – Rp.27 per butir.
    saya sarankan lebih baik anda cari tahu ciri-ciri telur gurame yang baik. sebab banyak orang yang memaksakan gurame yang belum waktunya/siap bertelur dipaksa bertelur hanya demi mencari keuntungan..?! coz, gurame termasuk ikan mewah & mahal juga banyak diburu orang…
    kebetulan sebagian besar “BAKUL” purwokerto ambil dari saya..
    Saya punya sekitar 150 bibit gurame berumur 5-7 tahun dengan berat rata-rata 2.5 – 3,5 Kg per ekor yang TIDAK DIJUAL.
    selamat mencoba… Good Luck…!
    untuk informasi selanjutnya hub saya di (0281) 7658518.
    Or E-mail on : siwa_corp@yahoo.co.id

    • 17 hilmi Juli 28, 2009 pukul 2:19 pm

      salam kenal..wah ternyata pembenihan juga perlu di kasih obat macem2 ya.bisa minta penjelasan tentang obat2an tersebut.apa saja fungsi dan cara pemakaiannya.trus bisa di dapatkan dimana?

  13. 18 detto April 6, 2009 pukul 12:25 pm

    Blog-nya bagus om
    dan yg pasti bermanfaat ..

    Om boleh dong ane nanya2 ne, kebetulan ane pengen usaha pembenihan gurame, ada kawan punya indukan banyak dan bagus2 ;
    - gurame bertelur tiap berapa lama ?
    - gimana cara jual telor ato bibit di daerah bojong gede / bogor
    - mana yg lebih untungin jual telor, ape bibit
    - klo ada info pengumpul telor/bibit di bojong gede / bogor bagi-bagi ya ..
    - ada gak ne temen2 tinggal di bj-gede / bogor, pengen kumpul2
    - mohon info-nya ya ane di : widayat@ramayanains.com

    atas kebaikan om dan temen2 ane ucapin makasih – tengkyu bro ..

    salam,
    detto

  14. 20 budiawan April 21, 2009 pukul 6:58 pm

    mohon tolong kepada saudara sekalian,saya pemain baru mau bertanya…obat apa aja yang bisa dipakai untuk memaksimalkan kelangsungan hidup & ukuran …mohon bantuannya…trimakasih

    • 21 hygum Juli 5, 2009 pukul 12:57 am

      pake aja mas metilen blue… dosis 1 tutup botol udah bisa sampai 1m2…. ya mungkin yang biasa di jumpai jamurr, kena satu kena semua…..

      disarankan agar sering di sifon waktu telur 2-5 hr

      • 22 amin, purworejo Juli 16, 2009 pukul 10:42 pm

        obat tradisional boleh dicoba,yaitu rumput . yaitu rumput yang daunya berbau langu kembangnya putih dan kalau sudah tua buah/kembang itu berwarna putih dan klo ditiup akan terbang. ambil saja 1 ikat rumput kira2 5kg masukan ke kolam/ direndamkan di air kolam untuk ukuran kolam 3 x 4 meter,kedalaman air minimal 30cm.

  15. 23 rie Juli 14, 2009 pukul 11:19 am

    bilakan ada khusus penetasan i

  16. 24 albert Juli 25, 2009 pukul 3:14 pm

    salam kenal,
    saya petani gurame. saya punya induk gurame dan mau tanya bagaimana agar induk rajin bertelur. apa ada resep yang mujarab untuk membuat induk guarame tetap bertelur meskipun musim hujan, bagi rekanrekan yang butuh bibit gurame saya bisa bantu, yang punya gurame email aja ke : albertloe@ymail.com

    • 25 Irwan Setiadi Agustus 11, 2009 pukul 8:42 pm

      perkenalkan nama saya irwan setiadi, pedikan (pembudidaya ikan dan pengurus UPP “Mina Mas” Kab Banyumas, kalau pengalaman saya di purwokerto, saya melihat banyak induk yang semakin lama dipijahkan semakin jelek kualitas telurnya dan semakin lama bertelurnya, hal ini saya lihat karena nutrisi yang diberikan ke induk sangat kurang, karena pakan hanya pakai daun sente saja, saya juga punya induk kemudian saya beri pakan khusus induk produksi Cargill namanya Vitality BS990, menurut label memiliki keistimewaan kandungan protein 36 %, vitamin c dan E terkandung didalamnya cukup tingga hingga 300 ppb.tetapi memang nyata perubahannya induk kelihatan lebih sehat, badannya ideal tidak kurus, dan jumlah telur yang dihasilkan semakin banyak, pernah sepasang induk ukuran 2 Kg bertelur mencapai 11.300 butir. di purwokerto baru saya tularkan kepada yang lainnya. semoga dapat membantu.

      • 26 agus mulyanto Januari 17, 2010 pukul 9:07 pm

        mas irwan setiadi,salam kenal.bisa minta nomer hape/ e mail.. saya ada rencana mau mencoba budidaya ikan gurami..membutuhkan benih & saya lokasinya dipemalang.

        maturnuwun sadurunge.
        agus_koi@yahoo.com

  17. 27 Irwan Setiadi Agustus 11, 2009 pukul 8:33 pm

    pak, saya pedikan (pembudidaya ikan) gurame dan pengurus UPP “Mina Mas” di Purwokerto. saya mau tanya, saya ada kesulitan untuk mendederkan ikan gurame ukuran biji oyong di kolam terpal, setiap umur 7 hari pasti terjadi kematian massal, kualitas air sudah saya manipulasi dengan penyaringan, hal ini terutama kalau suhu udara dan air drop dibawah 28 C. saya menduga ikan banyak diserang sama bintik putih (white Spot)banyak bintik bintik ditubuh ikan yang klenger ? (ngambang dipermukaan, warna tubuh gelap dan lemas, terus mati) tolong bagaimana cara penanggulangannya selain di buku buku dengan menjaga suhu di atas 28 C (di luar ruangan) susah ngatur suhunya ? cara yang paling efektif bagaimana ? terimakasih sebelumnya. sukses selalu.salam

  18. 29 agus Agustus 19, 2009 pukul 11:49 pm

    dari agus d solo…
    pak bantu saya memilih induk yg baik…saya punya ikan gurame umur rata 5 tahun, ada jg yg umur 9 tahun jumlahnya sekitar 30 ekor. aq belajar dr buku ciri jantan dan betinanya…tp ternyata ga segampang teori buku utk membedakan jenis kelaminnya..tolong ajari aq lewat: gus_a99@yahoo.com..makasih

  19. 30 jojo wongso wiyoso September 6, 2009 pukul 11:51 am

    dari jojo di jakarta
    pak tolong inpormasinya tempat pembelian cacing rambut/cacing sutra untuk daerah ciamis/tasik dan jakarta tolong alamatnya.
    mohon balasannya ke email saya trimakasih

  20. 31 fajar September 8, 2009 pukul 3:10 pm

    Jual bibit ikan gurame berbagai ukuran dan telur gurame. Melayani penjualan luar pulau jawa. Berpengalaman kirim kalimantan, sumatera, sulawesi dll sampai sekarang. !!

  21. 35 exo September 20, 2009 pukul 8:40 am

    asskum saudara2
    Saya exo semarang,saya msh bocah bru d dunia iklan.tlong minta info t4 yg jual bibit gurame n pakan nya d semarang.makasih saudara2

  22. 36 opik Oktober 8, 2009 pukul 7:48 am

    asskum, mas mau nanya saya memelihara benih ikan gurame sebesar biji timun di empang, tetapi setelah di lihat ternyata banyak yang mati, gimana caranya supaya dapat meminimalisir kematian tersebut.
    terus bagus mana miara d empang, atau bak-bak buatan, untuk ukurna seperti tadi. terima kasih sebelumnya..

  23. 37 gie Januari 6, 2010 pukul 11:16 am

    aku nembe arep blajar ngingu grameh..kira kira ana sing gelem ngajari ra ya???

  24. 39 beni ardhian Januari 9, 2010 pukul 11:35 am

    salam kenal, saya pembenih gurame di wilayah sragen dan karanganyar jawa tengah. Bagi teman2 semua yang mermbutuhkan benih gurame dan gurame ukuran konsumsi berkualitas, dapat menghubungi saya.melayani juga pengiriman ke luar jawa.

  25. 40 yogi Januari 9, 2010 pukul 5:07 pm

    selamat sore,,buat rekan-rekan yang butuh telur gurame kami punya stok,harga per butir 40 belum ongkos kirim.kalo rekan-rekan butuh telur gurame silahkan hub

  26. 41 Arman Januari 11, 2010 pukul 10:26 pm

    Kami pokdakan Argo Mino Arum. Dari Yogyakarta. Menawarkan benih ikan. Benih ikan yg kami tawarkan adalah benih gurami / gurameh, benih lele, benih bawal, benih graskap, dan benih nila. Kami melayani pengiriman antar pulau melalui cargo pesawat port to port.
    Harga bersaing.
    Jaminan kualitas tertandingi.
    Hub kami di : Argo Mino Arum.
    argominoarum@gmail.com.
    argominoarum.blogspot.com.
    Telp : 081328263803 (Arman) sms jg OK.

  27. 42 nayakerti Januari 16, 2010 pukul 1:20 pm

    jual telur gurame harga 40 rupiah per telur kami hanya melayani pemesan dari jawa tengah saja,yang berminat stok terbatas cepat pesan cepat diantar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




lanjutan blog ini/ further this blog!!!

sunarma.net2

Konsultan Akuakultur

Perlu bantuan untuk: Pemijahan ikan, Pengembangan usaha perikanan, Pembangunan Balai Benih Ikan, Pengadaan sarana produksi perikanan; Atau perlu kerjasama penelitian dan lainnya seputar akuakultur; Hubungi kami : juraganindoor(at)yahoo(dot)co(dot)id

juraganindoor[at]yahoo.co.id

“Book for YOU!”

a

Komentar yang memerlukan jawaban akan dijawab melalui email secara personal, jadi komentar hendaknya disertai alamat email yang terdaftar.

sejak 23 Juni 2007

  • 105,046 pengunjung

datang dari:

site statistics

support me, please!

TopAquaticSites.com Indonesia To Blog -Top Site All Tropical Fish Topsites List

who will give me the book?

1-84265-369-5 eel eel biology

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.