Belajar dari Lele SANGKURIANG

sk5.jpg

 Perekayasaan perbaikan mutu induk lele sudah dilakukan di Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi. Perekayasaan ini meliputi produksi induk melalui silang-balik (tahun 2000), uji keturunan benih dari induk hasil silang-balik (tahun 2001), dan aplikasi produksi induk silang-balik (tahun 2002 – 2004).

Hasil perekayasaan ini menghasilkan lele SANGKURIANG yang memiliki karakteristik reproduksi dan pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan dengan lele dumbo yang saat ini beredar di masyarakat. Lele SANGKURIANG memiliki fekunditas 33.33% lebih tinggi dibandingkan lele dumbo dan umur pertama matang gonad yang lebih tua. Pertumbuhan benih lele SANGKURIANG pada pemeliharaan umur 5-26 hari menghasilkan laju pertumbuhan harian 43.57% lebih tinggi dibandingkan lele dumbo sedangkan pada pemeliharaan umur 26-40 hari 14.61% lebih tinggi. Pada pembesaran calon induk tingkat pertama dan kedua, lele SANGKURIANG menghasilkan laju pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan lele dumbo yaitu 11.36% dan 16.44%. Sedangkan pada pembesaran kelas konsumsi, konversi pakan pada lele SANGKURIANG hanya mencapai 0.8 dibandingkan lele dumbo yang mencapai > 1.
Diseminasi induk/benih yang bermutu kepada para pembenih/UPR telah dilakukan ke beberapa sentra budidaya lele dan didukung dengan diseminasi teknologi budidayanya. 

catatan:

Mengenai Lele SANGKURIANG yang nongkrong di blog ini berasal dari makalah lain (selalu ditandai dengan adanya penulisan referensi) sehingga untuk penulisan referensi ilmiah, sebagai berikut: 

Sunarma, A., 2004.  Peningkatan Produktifitas Usaha Lele SANGKURIANG (Clarias sp.).  Makalah disampaikan pada Temu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Temu Usaha Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan, Bandung 04 – 07 Oktober 2004.  Bandung.  13 halaman. 

About these ads

42 Responses to “Belajar dari Lele SANGKURIANG”


  1. 1 Achmad Agustus 13, 2007 pukul 4:18 pm

    wah hebat juga tuh si sangkuriang, bener-bener oke, kayaknya mesti segera disosialisasi ke masy. agar lebih banyak penyebaran dan pemanfaatanya, kalau infonya sudah lama, kenapa belum banyak dijumpai di banyak tempat yaa….
    apa belum banyak yg minat ngembangin…???

  2. 2 juraganindoor Agustus 16, 2007 pukul 7:32 am

    meskipun sosialisasi SANGKURIANG sering dilakukan tapi mungkin masih sangat terbatas. hingga saat ini, distribusi SANGKURIANG lebih banyak diarahkan ke BBI milik Pemda atau kelompok tani (dengan rekomendasi dari Pemda juga). Mengingat keterbatasan produksi induk (selalu melalui seleksi ketat), banyak permintaan belum dapat dipenuhi.
    Nampaknya perlu segera ada BBI Pemda yang dapat melakukan proses produksi induk SANGKURIANG utk membantu masyarakat

  3. 3 tono September 8, 2007 pukul 10:22 am

    kalo lele sangkuriang disilangkan dengan lele lokal hasilnya apa masih bagus.. lalu untuk produksi lele sangkuriang sendiri gimana

  4. 4 akhmad yudi DE September 23, 2007 pukul 10:47 am

    menarik nih…ada gak analisis investasinya?

  5. 5 juraganindoor September 23, 2007 pukul 12:00 pm

    Analisis investasi dpt diperoleh dgn mengajukan permintaan langsung melalui email ke juraganindoor@yahoo.co.id

  6. 6 rahmat arsadi Desember 24, 2007 pukul 10:35 am

    terima kasih atas informasi yang salah satu jenis ikan lele ini”
    kebetulan saya baru belajar berternak pembesaran ikan lele tapi jenis jumbo, dengan kapasitas panen per periode kurang kebih 15 ton. ada hal – yang ingin saya tanyakan.
    1 perbedaan fisik antara lele sangkuriang dng lele jumbo ?
    2. lebih baik mana pertumbuhan, serta daya tahan terhadap penyakit antara dua jenis lele tersebut?
    3. dimana saya dapatkan bibit jenis lele sangkuriang?
    4. apakan jenis lele sangkuriang dapat hidup dengan optimal di lahan dengan ketinggian kurang lebih 500 dpa?
    sekali lagi maaf kalau pertanyaan saya banyak . dan tak lupa terima kasih.

  7. 7 dian pratama Januari 3, 2008 pukul 11:04 am

    MAS BOLE TAU NMR HP, SAYA SANGAT ANTUSIAS SEKALI BLAJAR LELE DUMBO

  8. 8 juraganindoor Januari 3, 2008 pukul 9:38 pm

    silahkan dilihat di Konsultan Akuakultur

  9. 9 jacky Maret 22, 2008 pukul 10:34 am

    halo.. saya mau tanya dimana saya bisa mendapatkan indukan lele sangkuriang.. dan berapa harga per kilonya….. tolong kirimkan alamat lengkap dan nmr tlp yang dapat saya hubungi… atas bantuannya saya ucapkak banyak terima kasih…zakycell@yahoo.co.id

  10. 10 Gatot April 28, 2008 pukul 3:18 am

    Bicara tentang sangkuriang.
    BBI Lokal kami pernah mendapatkan Induk Lele Sangkuriang dari (katanya) BBPBAT Sukabumi.
    Jujur, saya agak kecewa dengan si Sangkuriang.
    1. Induk yang datang beratnya tidak sampai 500 gram (atau memang dikasih calon induk).
    2. Pertumbuhannya lebih lambat di bandingkan dengan Sediaan Induk Lele Dumbo yang BBI lokal punya.
    3. Apakah benar Lele Sangkuriang memiliki warna yang lebih terang dari Lele Dumbo? Jadinya agak susah diterima masyarakat, kata mereka lelenya pucat.

    Jadinya sekarang Lele Sangkuriang tidak disediakan lagi (tidak fokus lagi) di BBI lokal daerah saya, padahal saya masih mau melakukan uji pertumbuhan lagi.

  11. 11 juraganindoor April 28, 2008 pukul 3:50 pm

    bila Anda mengetahui secara pasti asal induk yang Anda miliki, sebaiknya mengecek langsung ke BBPBAT Sukabumi, karena list penerima SANGKURIANG tersedia di databasenya.
    distribusi SANGKURIANG biasanya pada size 500-600 g/ekor, untuk efisiensi transportasi dan memudahkan proses adaptasi di daerah tujuan. Hal ini dilakukan setelah melalui kajian antara transportasi induk (siap pakai) vs calon induk.
    hasil pengujian di banyak daerah menunjukkan bahwa SANGKURIANG memiliki keunggulan komparatif pada pertumbuhan dan survival dibandingkan dengan lele dumbo. namun mungkin saja, karena proses adaptasi lingkungan atau kondisi lingkungan tidak mendukung, performa SANGKURIANG tidak lagi optimal. bila Anda menemui hal seperti itu, sebaiknya Anda segera melaporkan ke pihak BBPBAT untuk ditindaklanjuti baik berupa pendampingan teknis di tempat ataupun perbaikan genetik lanjutan.
    warna SANGKURIANG hampir tidak berbeda dengan lele dumbo sehingga cukup sulit untuk dijadikan patokan di masyarakat. namun bila diamati lebih lanjut secara hati-hati, Anda dapat membedakan CORAK yang lebih terang pada SANGKURIANG dibanding pada dumbo (pada kondisi pemeliharaan yang relatif sama).

  12. 12 UPR Ekaminakiati Mei 1, 2008 pukul 6:55 pm

    Pak…. mau tanya nih, seputar Ikan Lele.

    Dalam SNI (situs dit. perbenihan). Induk lele yang memenuhi standar adalah yang memiliki fekunditas 50.000 sampai 100.000 butir.

    Dalam keterangan Lele Sangkuriang (situs BBPBAT). Induk lele lokal memiliki fekunditas 20.000 sampai 30.000, sedangkan Lele Sangkuriang memiliki fekunditas 40.000 sampai 60.000.

    Kalau begitu, apakah yang memenuhi SNI untuk Induk Lele Dumbo hanya Lele Sangkuriang saja? Sedangkan Lele Dumbo biasa hampir dapat dikatakan tidak memenuhi standar SNI?

    Bagaimana dengan kami yang hanya memiliki Lele Dumbo biasa? Sedangkan untuk mengadakan Lele Sangkuriang, kami tersandung biaya transportasi yang lebih mahal dari harga induknya itu sendiri. Padahal untuk kualitas benih, kami sudah dapat memenuhi SNI.

    Walaupun hanya skala rumah tangga, kami berusaha untuk mengikuti SNI, sesuai yang dianjurkan BBI kepada kami.

    Mohon petunjuknya lebih lanjut.

  13. 13 tikus_bertattoo Mei 1, 2008 pukul 10:49 pm

    bagus juga si sangkuriang ,saya mau tanya nih bagaimana cara pengelolaannya ..?apakah sama seperti lele dumbo dan trs secara rawatannya gmn sangkuriang ,dan saya mau tanya juga lele sangkuriang sama lele dumbo harganya apakah gak sama klo di pasarkan ,trs klo ingin memelihara lele bagaimana saya bisa beli induknya ,dan perkilonya berapa …cuman itu pertanyaanku terima kasih atas infonya……

  14. 14 UPR Ekaminakiati Mei 14, 2008 pukul 8:04 am

    Pak, kelompok kami berencana membeli induk lele sangkuriang di BBPBAT Sukabumi dalam minggu ini (rencananya 2 paket). Tolong informasi harga,nomor telepon dan nama yang bisa dihubungi saat di Sukabumi.
    Kami juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Medan.
    Mohon kerjasamanya untuk kemajuan budidaya perikanan air tawar dan perekonomian rakyat.

  15. 15 Mulyadi,S.pd Mei 21, 2008 pukul 8:04 am

    bagaimana kalau air yang dipakai untuk pemeliharan lele sangkuriang berasal dari saluran air limbah rumah tangga…?

  16. 16 ridho Juni 10, 2008 pukul 11:40 am

    kalau di medan apa udah ada penyalurnya ????
    mohon info nya …

    trims..

  17. 17 Ruli Agustus 13, 2008 pukul 9:53 pm

    lele sangkuriang perlu dijadikan komoditas khas jawa barat, dilihat dari namanya sudah tepat.

    malah mungkin bila kita gencar mempromosikan bisa dikenal sampai ke lar negeri

    http://hobiikan.blogspot.com

  18. 18 kang manto Oktober 24, 2008 pukul 12:04 pm

    saya tertarik dengan budidaya lele ini, dimana saya bisa melihat langsung cara budidaya lele tersebut, alamatnya dimana saya akan lihat di lapangan dan ngobrol seputar budidaya ikan lele tersebut kepada peternak.

  19. 19 Muslim Desember 5, 2008 pukul 11:04 pm

    Saya menanam bibit lele jumbo sebesar kelingking sebanyak 20 liter, dengan luas kolang 2m x 5m, sudah 6 bulan pertumbuhanya tidak merata, paling besar hanya sebesar ibu jari kaki dan masih juga ada yang sebesar telunjuk tangan, kenapa yaa…?

  20. 20 mR-B13 Desember 31, 2008 pukul 9:30 am

    mas, aku minta alamat buat UPR ( Unit Pembenihan Rakyat ) d yogya donk
    yang udah benihin d daeerah jogja gitu….!

  21. 21 muhammad munkhanif Januari 21, 2009 pukul 9:43 am

    saya butuh indukan sangkuriang , bagaimana cara mendapatkannya dan berapa harganya

  22. 22 andria Maret 4, 2009 pukul 1:38 pm

    saya lagi cari lele ukuran 5-6/kg??200kg/hari
    hp:02194209000

  23. 23 deden deni muharam Maret 6, 2009 pukul 10:44 am

    Saya pengen tahu lebih banyak mengenai lele sangkuriang. kemarin saya lihat dalam tayangan tv swata tentang budi daya lele sangkuriang. Bagaimanakah pembentukan sel telur bagi induk betina yang dilakukan secara alami, karena di kota saya sangat sulit sekali mencari hormon pembentuk sel telur? mohon informasi yang lebih lanjut! terima kasih

  24. 24 agung Maret 11, 2009 pukul 2:03 pm

    lele sangkuriang ada yang sudah di ekspor ya,kmana & kapasitas berapa & dalam kondisi hidup/mati

  25. 25 EkoS April 16, 2009 pukul 8:27 am

    menarik sekali ulasan Anda, permasalahannya untuk daerah Pati dan sekitarnya, mencari bibit Sangkuring masih kesulitan. Seandainya ada yang bisa membantu mohon bisa menghubungi saya, karena kami merupakan sentra lele di Pati. Terima Kasih. No. HP yg bisa dihubungi: 081325794784 atau melalui e-mail tsb. tq.

    • 26 Hadi September 2, 2009 pukul 1:36 pm

      Pak eko mohon maaf kalau saya juga bertanya lele jenis apakah yang sekarang bapak kembangkan? dan bolehkah saya berkunjung ketempat bapak mohon alamatnya ya.. kebetulan saya kerja disemarang. terima kasih

  26. 27 ragil April 24, 2009 pukul 10:53 am

    saya sedang mencari bantuan bibit unggul sangkuriang kalau ada segera menghubungi, karna kami sangat memerlukannya.sementara bibit sangkuriang yang ada harganya sangat mahal dan tidak jelas

  27. 28 Sheghet Mei 11, 2009 pukul 7:21 pm

    Slm kenal,
    Saya Sigit dr Jakarta yg saat ini sedang mencari info ttg Sangkuriang dan tertarik utk belajar membudidayakan Sangkuriang tsb,
    Pertanyaan yg ingin Saya ajukan adlh..
    Dimanakah Saya bisa mndptkan indukan Sangkuriang tsb selain di BBAT Sukabumi.,
    Apkah Indukan Sangkuriang dpt dibeli Sepasang(tdk per paket)..
    Seandainya, Ketika Saya membeli induk Sangkuriang tsb,apakah induk tsb sudah matang gonad/siap suntik..

    Mohon Maaf jk pertanyaan Saya trlalu banyak..krn Saya tdk tahu hrs bertanya kemana..
    Terima kasih banyak atas perhatiannya..

    Wassalam,
    aghilk750i@gmail.com

  28. 29 Ardana Juni 29, 2009 pukul 8:14 pm

    Saya tertarik untuk beternak lele sangkuriang di Bali, dimana tempat untuk membeli bibitnya? Tolong ya

  29. 30 om ujang Juli 20, 2009 pukul 11:24 am

    boleh juga tuh, kira-kira dapaetin lele sangkuriang dimana yah? khsuusnya di daerah subang indramayau ada ga tuh ….
    kalau ada boleh kontak ke 085221547116
    terimakasih .

  30. 31 eddy a Agustus 28, 2009 pukul 12:57 pm

    minta ilmunya dikit ya. air dikolam tidak bisa berwarna kehijauan dan per hari ada sekitar 15 yang mati, ukuran ikan 15 cm. (warna air agak coklat dan kadar kapurnya agak tinggi). Apa masih bisa dilanjut ya untuk budidaya lele?

  31. 32 Hadi September 2, 2009 pukul 1:32 pm

    Saya sangat tertarik banget untuk budidaya Lele sangkuriang dan mau saya kembangkan di Banyuwangi jawa timur, apakah cocok iklimya? karena lele dumbo pun subur
    gimana cara memperoleh bibitnya, mohon saya dihu. di hp. 081228077790 saya tunggu Via SMS boleh.

  32. 33 Ridwan September 16, 2009 pukul 12:53 pm

    Bapak/Ibu yang terhormat,

    1. Untuk pembesaran lele sangkuriang, dimana lokasi yang cocok (Bogor, Bekasi, Tangerang, Cipayung, Parung), dan berapa temperatur airnya yang cocok ?

    2. Untuk pembesaran lele sangkuriang di kolam terpal, perlu berapa kali harus ganti airnya ?

    3. Siapa pemasok terpal (utk kolam) yang bisa dihubungi ?

    4. Dimana di daerah sekitar Bogor/Sukabumi yang masih ada mata airnya ?

    5. Berapa harganya bibit lele sangkurian ukuran 3-4cm dan siapa pemasok bibit berkualitas baik ?

    6. Berapa lama untuk panen lele sangkuriang (dari 3-4cm ke konsumsi) ?
    7. Siapa calon pembelinya kalau lele tsb sudah cukup utk di konsumsi ?

    Terima kasih.

  33. 34 tito s Oktober 2, 2009 pukul 4:43 pm

    ass. Saya tertarik budi daya ikan lele sangkuriang ? Untuk cara pemeliharaan nya dan dpt bibit nya dimana ? Makasih di tunggu balas nya

  34. 35 wira November 11, 2009 pukul 11:17 am

    Halo Para Pengemar dunia lele.
    Saya pemula ni baru mulai pembesaran lele di dareah PONTIANAk (KALIMANTAN BARAT) kira2 ada ga yang tau pengepul lele di daerah PONTIANAK.
    Oh ya saya juga mau beli induk lele sangkuriang bagaimana tu cara transaksinya ato berapa biaya semuanya sampai ke PONTIANAK?? Mohon minta Rincian biayanya.
    terima kasih sudah mau menjawab pertanyaan saya.
    maternuwon mas mas.

  35. 37 joko utomo Januari 26, 2010 pukul 9:35 pm

    apa saja kendala budidaya lele sangkuriang, dapatkah lele sangkuriang diberi makanan seperti lele dumbu biasa?saya pengelaman di lele dumbu,baru mencoba lele sangkuriang

  36. 38 eko riyanto Januari 28, 2010 pukul 7:26 am

    kami kelompok pemuda wanagiri kauh membudidayakan anakan lele sangkuriang dan bagi siapa yang ingin membudidayakan lele untuk konsumsi silakan menghubungi kami di no: 081 805 424660 (Gede) atau bisa via e-mail: ekobaliwood@yahoo.com
    Terimakasih dan Salam dari Bali

  37. 39 deky Februari 14, 2010 pukul 7:24 pm

    aslm….
    apakah benar untuk mengetahui induk sudah tidak lagi produktif dapat dilihat dari simetris tubuh induk

    apakah ada penggunaan probiotik untuk pemeliharaan benih??

  38. 40 udin Februari 23, 2010 pukul 10:26 pm

    slm kenal
    sy dari majalengka, mau belajar pembesaran lele sangkuriang, tolong kepada yang berkenan kirim teknikny ke email saya
    udinbae97@yahoo.co.id
    brp no telp BBI Sumedang

  39. 41 wardoyo Februari 24, 2010 pukul 7:41 pm

    sederhana aja, sy baru buka peternakan karena sy bingung mau kerja apa,makanya sy lari ke lele…. sudah 2 kali sy panen,tp tidak pernah memuaskan..2000 bibit lele yang sy piara,tp pertumbuhab selalu tidak rata, paling2 sy bisa angkat 32 kg, sisanya harus dibesarkan kembali,wah sy kewalahan masalah makannya…tidak sebanding sama modal…minta petunjuk dong? terima kasih..

  40. 42 HILMAN Februari 25, 2010 pukul 3:21 pm

    SAYA PETERNAK IKAN LELE SANGKURIANG NAMUN AKHIR2 INI LELE TSB SERIMG MATI, DENGAN GEJALA AWAL LELE TSBPEURTNYA BUNCIT SEPERTI KEMBUNG KMDN ESOK HARINYA PASTI MATI APA KIRA PENYEBABNYA YA? KL ADA YNG PERNAH MNGLM TLNG KSH TAU SAY PENAGGULANGANYA.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




lanjutan blog ini/ further this blog!!!

sunarma.net2

Konsultan Akuakultur

Perlu bantuan untuk: Pemijahan ikan, Pengembangan usaha perikanan, Pembangunan Balai Benih Ikan, Pengadaan sarana produksi perikanan; Atau perlu kerjasama penelitian dan lainnya seputar akuakultur; Hubungi kami : juraganindoor(at)yahoo(dot)co(dot)id

juraganindoor[at]yahoo.co.id

“Book for YOU!”

a

Komentar yang memerlukan jawaban akan dijawab melalui email secara personal, jadi komentar hendaknya disertai alamat email yang terdaftar.

sejak 23 Juni 2007

  • 106,283 pengunjung

datang dari:

site statistics

support me, please!

TopAquaticSites.com Indonesia To Blog -Top Site All Tropical Fish Topsites List

who will give me the book?

1-84265-369-5 eel eel biology

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.